Di Kalsel Ada Korporasi Diduga Bakar Lahan, Gapki Pun Bakal Lakukan Ini

Sejumlah perkebunan sawit milik korporasi di Kalimantan Selatan terbakar. Demikian temuan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel yang menduga adanya unsur kesengajaaan terbakarnya areal hak guna usaha (HGU) tersebut. Selain itu, mengutip Direktur Walhi Kalsel, Kisworo, terdapat 108 hotspot (titik panas) di kawasan hutan selama 28 Agustus-12 September 2017. Karenanya dia menyayangkan ternyata masih ada kebakaran lahan di areal perkebunan milik korporasi. “Kami sangat menyayangkan lemahnya penegakan hukum terhadap korporasi, padahal, jelas-jelas yang terbakar adalah wilayah konsensi HGU, kata Kisworo.

Sementara, lanjut dia, yang dikenakan jeratan hukum lebih banyak yang membakar kawasan lahan. Sedangkan untuk penegakan hukum terhadap korporasi tidak dilakukan. “Tentunya ini akan menjadi presenden buruk, mengapa korporasinya tidak ditindak,” tandasnya.

Kisworo blak-blakan mengaku pihaknya sudah mengantongi tujuh perusahaan yang HGU-nya terbakar (lihat tabel). Umumnya, sebut dia, perusahaan itu berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Banjar. “Seharunya penegak hukum jangan tebang pilih dalam soal kebakaran hutan dan lahan. Kalau memang faktanya terbakar, mestinya korporasinya juga ditindak,” tandas Kisworo.

Belajar dari peristiwa kebakaranhutan dan lahan (karhutla) 2015, dia berujar, pihaknya kembali mengajak publik untuk tidak lupa atas tragedi lingkungan hidup dan pelanggaran hak asasi manusia itu.

“Kebakaran hutan dan lahan 2015 mengakibatkan 24 orang meninggal, lebih dari 600 ribu jiwa menderita infeksi saluran pernapasan, dan 60 juta jiwa terpapar asap, seluas 2,6 juta hektare hutan dan lahan terbakar hingga mengakibatkan kerugian Rp 221 triliun dan negara pun harus mengeluarkan dana sebesar Rp 720 miliar untuk mengatasi kebakaran,” pungkasnya.

Hero Setiawan, Sekretaris Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Kalsel, mengaku belum mendapat laporan terkait dengan temuan Walhi tersebut. Namun, dia berjanji mengeceknya.

Sumber:http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/09/30/gawat-di-kalsel-ada-korporasi-diduga-bakar-lahan-gapki-pun-bakal-lakukan-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *