Duo Agus Pengembang Aplikasi Tebak Rendemen Sawit

Dua peneliti Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) membuat aplikasi berbasis android bernama Tebak Rendemen. Melalui aplikasi ini, pekebun dapat mengetahui potensi rendemen yang dihasilkan buah sawit.

Produktivitas menjadi salah satu kendala utama yang banyak dihadapi perkebunan sawit baik petani dan pengusaha. Saat ini, sangatlah penting bagi perkebunan untuk menghitung potensi rendemen yang bakalan dihasilkan TBS Sawit. Apabila rendemen dapat dikalkulasikan maka pekebun dapat mengontrol peningkatan kualitas buah sawit.

Adalah Agus Susanto dan Agus Eko Prasetyo, peneliti PPKS, yang berinisiatif membuat inovasi penghitungan rendemen sawit. Cara mengkalkulasi rendemen sawit ini sudah diperkenalkan semenjak 2 tahun lalu. Mereka awalnya membuat program ini masih offline dalam bentuk program power point yang dinamakan rendemen meter. “Saya bersama Agus Eko Prasetyo punya niatan menyebarkan aplikasi ini dengan nama Duo Agus PPKS Publisher,”jelasnya.

Di kalangan pelaku sawit, Agus Susanto sangat familar sebagai peneliti senior PPKS di bidang pengendalian hama dan penyakit. Saat ini, lulusan S-3 Institut Pertanian Bogor Tahun 2002 ini menjabat Kepala Unit Usaha Marihat. Sedangkan, Agus Eko Prasetyo adalah peneliti madya hama penyakit tanaman PPKS.

Sumber :https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/inovasi/duo-agus-pengembang-aplikasi-tebak-rendemen-sawit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *